Saturday, October 8, 2011

Bawang Putih Sebagai Obat Alami Berbagai Penyakit

Kangje.com - Salah satu bumbu yang sering kita jumpai di dapur ini ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang berbaya. Bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masak saja dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali fungsi lain yang dapat diperoleh dari salah satu macam bumbu dapur ini.

Bawang putih merupakan tumbuhan dari daerah tropis yang pertumbuhannya memerlukan sinar matahari yang cukup. Kandungan kimia yang terdapat di dalam bawang putih ternyata sangat berguna bagi kesehatan manusia. Bawang putih selain digunakan sebagai bumbu masakan, juga biasa digunakan sebagai obat antiseptik karena kandungan antibiotik yang cukup tinggi di dalamnya.

Disini kita akan membahas manfaat apa saja dari bawang putih dalam masalah penyakit. Manfaat bawang putih sebagai obat alami penyakit ringan maupun berat. Cara penggunaannya juga tergolong mudah. Dan dengan pemakaian rutin dan telaten akan sangat membantu dalam proses penyembuhan berbagai penyakit.

Bawang Putih Sebagai Obat Alami Berbagai Penyakit

Berikut ini kami rangkumkan beberapa manfaat bawang putih yang terkait untuk menyembuhkan beberapa pernyakit tersebut. Silahkan disimak dan diimplementasikan untuk pengobatan.

Bawang putih mengobati flu dan batuk

Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

Bawang putih dapat menurunkan kolesterol

Sekarang ada lebih dari 12 studi yang dipublikasikan di seluruh dunia yang memastikan bahwa bawang putih dalam berbagai bentuk dapat menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bawang ini dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung. 

Salah satu studi yang dipublikasikan di “The Journal of The Royal College of Physicians” oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 menyebutkan bahwa bawang putih merupakan agen untuk mengurangi lemak.
Bawang Putih, Obat Alami Berbagai Penyakit


Bawang putih dapat menyembuhkan kanker

Bawang juga mempunyai kandungan untuk memerangi kanker, terutama kanker perut dan usus besar. Organosulfida yang terkandung dalam bawang putih membantu hati memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan kanker.

Bawang putih membantu dalam proses kehamilan

Riset terbaru menunjukkan bahwa menkonsumsi bawang putih selama kehamilan mengurangi resiko komplikasi kehamilan pre-eclampsia (meningkatkan tekanan darah kandungan protein dalam urine). 

Studi–studi juga mengungkapkan bahwa bawang putih juga membantu menaikkan lambatnya berat badan bayi yang terlalu kecil. Riset dilakukan oleh Dr. D. Sooranna, Ms J. Hirani dan Dr. I Das di Academic Department of Obsterrics dan Gynaecology, Chelsea dan Westminster Hospital in London UK.

Bawang putih sebagai penyembuh wasir

Dengan cara dihaluskan (dimemarkan), bawang putih dapat digunakan untuk membantu dalam penyembuhan wasir. Caranya dengan mengoleskan tumbukan/bawang putih yang sudah dimemarkan pada anus yang terserang wasir, beberapa menit kemudian dibersihkan.

Bawang putih dapat meningkatkan stamina

Setelah dikaji secara mendalam, ternyata bawang putih dapat menjadi sumber stamina dan kekuatan fisik yang tinggi. Walaupun sebelumnya mereka jarang sekali sakit, tiba-tiba mereka mudah terserang flu, orang – orang seperti inilah yang terutama membutuhkan daya pembangun stamina yang terdapat di bawang putih. 

Orang-orang yang mudah lelah seharusnya menambah stamina mereka dengan makan sedikit bawang putih setiap hari dalam jangka waktu yang lama.

Mengontrol gejala diabetes

Diabetes mellitus adalah suatu penyakit bawaan yang ditandai oleh tak cukupnya insulin di dalam tubuh, sebagai akibat kelebihan gula di dalam darah dan urine, serta kelaparan yang hebat dan kehausan. Penderitanya selalu ingin makan yang manis-manis, dan walaupun ia suka makan yang manis-manis dan makanan lainnya, berat badan cenderung berkurang. 

Gejala utamanya, menurunnya daya tahan tubuh terhadap kuman dan bakteri gangguan kulit serta berkurangnya gairah seksual, penyakit usus dan pembuluh darah. Penggunaan bawang putih secara bijaksana dalam diet merupakan salah satu cara mendapatkan manfaat terbesar dari makanan yang dimakan dengan demikian menyumbang pada kondisi tubuh yang baik.

Bawang putih dapat mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi)

Ketika terkena tekanan darah tingg, allicin dalam bawang putih dapat melemaskan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah kembali lancar dan kembali tenang. Bawang putih juga membantu melawan trombosit dengan cara mengurangi agregasi trombosit yang ada dalam darah.

Bawang putih membatu proses pencernaan

Bawang putih membantu fungsi normal usus untuk pencernaan yang baik. Bahkan setiap pembengkakan atau iritasi dari saluran lambung dapat diatasi dengan pengobatan bawang putih.

Bawang putih sebagai perawatan mata

Bawang putih kaya nutrisi seperti Selenium, Quercetin dan Vitamin C yang membantu mengobati infeksi mata dan pembengkakan.

Bawang putih sebagai obat penyakit pendengaran (Earache)

Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati sakit telinga , karena memiliki sifat antivirus, antijamur dan antibiotik.

Bawang putih dapat dugunakan untuk mengobati luka infeksi

Bawang putih dapat digunakan pada luka yang terinfeksi untuk pengobatan herbal.

Bawang putih sebagai obat jerawat

Bawang putih dapat digunakan bersama dengan bahan lain seperti madu , krim dan kunyit untuk mengobati bekas jerawat, bahkan mencegah pertumbuhan jerawat. Bawang putih bertindak sebagai pembersih dan antibiotik kulit.

Bawang putih sebagai obat asma

Serangan asma dapat dikendalikan dengan memakan siung bawang putih.

Itulah beberapa manfaat bawang putih sebagai obat herbal untuk penyakit yang sering kita jumpai. Semoga informasi ini bermanfaat bagai para pembaca.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon