Wednesday, November 26, 2014

Cara Mengubah Satuan Ruler Inches Menjadi Centimeters Microsoft Word

Cara Mengubah Satuan Ruler Microsoft Word 2007 - Memahami soal satuan garis atau dalam bahasa inggris computer disebut dengan ruler memang terkadang kita mengalami kesulitas. Pasalnya, secara default aplikasi Microsoft Word menggunakan satuan inchi atau dalam bahasa inggris “Inches”. Tentunya satuan tersebut tergolong susah untuk kita yang sudah terbiasa menggunakan satua sentimeter (Centimeters) dan meter.

Tetapi dalam dunia komputer tentunya satuan meter tidak kita pakai, mengingat satuan meter adalah satuan ukuran yang tergolong besar. Jadi yang akan digunakan dalam keseharian menggunakan aplikasi komputer adalah sentimeter (Centimeters). Dan pada kesempatan kali ini akan kami akan ulas mengenai cara mengubah satuan ruler Inches menjadi Centimeters pada Microsoft Word.

Cara Mengubah Satuan Ruler Inches Menjadi Centimeters Microsoft Word

Ketika kita menginstal Microsoft Office, secara default satuan ruler yang aktif adalah Inches. Hal ini berlaku untuk semua aplikasi yang berada satu bundle di dalam Microsoft Office. Ambil contoh saja Microsoft Word yang memiliki satuan Inches pada saat diinstal, begitupun juga satuan ruler pada Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint yang sama menggunakan satuan Inches.

Satuan ruler ini akan mempengaruhi semua pengaturan satuan di dalam aplikasi tersebut, seperti pengaturan page setup untuk halaman dan lain-lain. Jadi bagi yang kurang paham menggunakan satuan Inches akan sangat kesulitan menentukan pengaturan dokumennya.

Tetapi tidak perlu kawatir akan hal itu, karena satuan Inches tidaklah satu-satunya satuan ruler yang tersedia di Microsoft WordAda beberapa pilihan satuan ruler lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh user

Satuan yang tersedia di dalam Microsoft Word atau Microsoft Office umumnya yaitu Inches, Centimeters, Millimeters, Points, dan Picas. Jadi tergantung kita nantinya mau diubah menjadi satuan apa, yang penting satuan tersebut adalah satuan yang kita pahami.
Cara Mengubah Satuan Ruler Inches Menjadi Centimeters Microsoft Word

Pada artikel kali ini akan saya ulas mengenai cara mengubah satuan ruler Inches menjadi Centimeters pada Microsoft Word. Caranya sangat mudah dan hanya butuh waktu sekitar 5 menit saja paling lama. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengubahnya.

Langkah mengubah satuan ruler Inches menjadi Centimeters pada Microsoft Word.
  • Buka Microsoft Word atau versi lebih baru dan buatlah sebuah dokumen baru.
  • Perhatikan posisi sudut kiri atas dan klik pada mata panah kecil yang menghadap ke bawah.
  • Pilihlah menu More Commands pada tampilan drop down menu mata panah tersebut.
  • Pada halaman menu More Commands pilih menu Advanced.
  • Scroll tampilan sebelah kanan halaman menu dan cari kategori Display.
  • Pada pengaturan “Show Measurements in unit of“ ganti posisi Inches menjadi Centimeters dengan klik tombol drop down.
  • Langkah terakhir klik tombol OK.

Dengan menyelesaikan langkah tersebut Anda sudah berhasil mengubah satuan ruler Microsoft Word dari Inches menjadi Centimeters

Dengan begitu Anda akan lebih mudah mengatur dokumen Anda dengan satuan yang Anda pahami. Lalu apakah pengubahan ini juga otomatis berpengaruh pada pengaturan ruler di Microsoft Excel dan yang lainnya? Jawabannya tentu saja tidak. Anda perlu melakukan pengaturan di masing-masing aplikasinya. Caranya pun sama, jadi tidak perlu bingung lagi ya.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengubah satuan ruler Inches menjadi Centimeters pada Microsoft Word. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, jika mengalami kesulitan silahkan hubungi kami melalui kolom kommentar atau halaman Kontak Kami.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon