Monday, March 17, 2014

Menapak Jejak Sistem Pemerintahan Indonesia

Menapak Jejak Sistem Pemerintahan Indonesia ~ Ulasan ini bermaksud untuk meningkatkan pemahaman kita sebagai warga negara Indonesia mengenai sistem pemerintahan Indonesia. Selayaknya sudah kita tahu tentang sistem pemerintahan di Indonesia, seperti yang telah diajarkan dalam materi-materi sekolah (dalam hal ini PKN atau PPKN atau PMP). Mata pelajaran atau mata kuliah tersebut memuat materi mengenai perjalanan sistem pemerintahan Indonesia setelah merdeka sampai dengan sekarang.

Sebagai negara yang telah merdeka sejak tahun 1945, Indonesia telah mengalami beberapa perubahan dalam sistem pemerintahannya. Pada dasarnya sistem pemerintahan di Indonesia telah tercantum dalam UUD 1945 sebagai negara yang menerapkan sistem pemerintahan presidensial. Tetapi dalam perjalanan waktu paska kemerdekaan, Indonesia mengalami beberapa sistem pemerintahan yang dipengaruhi oleh keadaan dan konflik internal negara yang terjadi. Untuk lebih jelasnya mengenai perubahan sistem pemerintahan di Indonesia dari kemerdekaan sampai sekarang, kita akan ulas satu demi satu waktu perubahan tersebut.

Menapak Jejak Sistem Pemerintahan Indonesia

1. Menapak Jejak di Tahun 1945 s.d. 1949
Di mulai dari tahun pertama kemerdekaan Indonesia, pasti sudah pada tahu siapa pemimpin tertinggi negara tercinta ini. Pemimpin tertinggi dari negara Indonesia pada awal kemerdekaan adalah Ir. Soekarno selaku Presiden Indonesia yang pertama. Pada saat itu, sistem pemerintahan Indonesia yang diterapkan adalah Sistem Pemerintahan Presidensial. Dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan Presiden.

Tetapi perubahan mulai dirasakan pada pemerintahan Indonesia ketika kedatangan pihak sekutu (yang lebih dikenal dengan nama agresi militer sekutu). Kedatangan agresi militer sekutu berpengaruh besar terhadap perubahan sistem pemerintahan Indonesia. Terjadi pemecahan kekuasaan eksekutif dalam peerintahan negara.
Menapak Jejak Sistem Pemerintahan Indonesia

2. Menapak Jejak di Tahun 1949 s.d. 1950
Dan akhirnya dengan pemindahan atau pembagian kekuasaan eksekutif tersebut, sistem pemerintahan di Indonesia berubah. Dibentuk negara-negara serikat berdasarkan konstitusi RIS (Republik Indonesia Serikat). Tetapi penerapan sistem pemerintahan menjadi Parlementer tidak dapat dilakukan secara penuh, sehingga sistem pemerintahan Indonesia saat itu dikenal dengan nama Quasy Parlementer.

3. Menapak Jejak di Tahun 1950 s.d. 1959
Selanjutnya masih di tahun yang sama yaitu 1950, sistem pemerintana Indonesia resmi diubah menjadi sistem pemerintahan Parlementer. Dimana kekuasaan eksekutif berada di tangan Perdana Menteri. Pada saat itu, tidak hanya sistem pemerintahan saja yang berubah, melainkan undang-undang dasar pun ikut diubah, yang lebih kita kenal sebagai UUDS 1950. Dengan adanya UUDS 1950 tersebut, UUD 1945 tidak diberlakukan dalam sistem pemerintahan.

4. Menapak Jejak di Tahun 1959 s.d. 1966
Disinilah perubahan besar dalam sistem pemerintahan dialami. Tidak hanya sistem pemerintahan, tetapi juga pemberlakukan UUD 1945 kembali dan penghapusan UUDS 1950. Bahkan konstitusi yang merancang UUDS 1950 juga dibubarkan oleh Presiden. Dan pada akhirnya pembentukan DPR sementara dan DPA sementara dilakukan utuk membantu Presiden menstabilkan situasi pemerintahan. Dan sistem pemerintahan Indonesia dikembalikan kepada sistem pemerintahan Presidensial.

5. Menapak Jejak di Tahun 1966 s.d. 1998
Dan inilah masa terpanjang sistem pemerintahan di Indonesia dan lebih kita kenal dengan nama Orde Baru. Sistem pemerintahan Orde Baru masih menganut sistem pemerintahan Presidensial. Dalam era ini, kondisi pemerintahan mulai stabil dan bertahan.

6. Menapak Jejak di Tahun 1998 s.d. sekarang
Setelah lengsernya pemerintahan Orde Baru, sistem pemerintahan di Indonesia masih tetap, yaitu Presidensial. Tetapi ada beberapa lembaga baru yang mendukung kinerja dari Presiden. Ditambah lagi, kedudukan Presiden sejajar dengan lembaga pendukung lainnya, seperti DPR, MA, DPD. dan lain-lain.

Melalui uraian di atas, tentunya kita sudah mulai paham mengenai sistem pemerintahan Indonesia yang berlakuk sampai sekarang. Sistem pemerintahan di Indonesia pernah mengalami beberapa kali perubahan sampai dengan sekarang. Semoga pejelasan singkat yang diulas di atas dapat memberikan pemahaman kepada pembaca semua.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon