Jumat, 03 Januari 2020

Cara Membuat Watermark Di Microsoft Word Dengan Logo Atau Teks

Cara Membuat Watermark Di Word - Sobat Kangje sudah pada tahu apa belum apa itu watermark? Nih Kangje jelaskan sedikit ya, tentang apa itu watermark.
Cara Membuat Watermark Di Microsoft Word Dengan Logo Atau Teks

Watermark biasa digunakan sebagai tanda khusus sebuah dokumen. Watermark di sebuah dokumen biasanya menandakan kepemilikan/sifat/keperluan sebuah dokumen. Jadi tidak jarang kita akan menemui dokumen-dokumen Microsoft Word maupun yang sudah dikonversi ke PDF yang memiliki watermark.

Cara Membuat Watermark Di Microsoft Word

Cara membuat watermark di Microsoft Word pun tergolong sangat mudah loh. Karena sudah disediakan menu khusus untuk membuat watermark di Microsoft Word ini.

Ada dua model watermark yang dapat ditambahkan di Microsoft Word. Pertama, watermark model gambar yang biasanya dipakai untuk memasukkan sebuah logo sebagai watermark dokumen. Kedua, watermark model teks yang biasanya dipakai untuk memberikan keterangan sifat dan peruntukan sebuah dokumen melalui watermark.

Pada kesempatan kali ini, Kangje akan berikan langkah-langkah membuat watermark di Microsoft Word tersebut, baik yang model gambar maupun model teks.

Watermark Gambar/Watermark Logo Di Microsoft Word

Untuk menjadikan sebuah gambar, misalkan logo, menjadi sebuah watermark di Word tentu kalian harus menyiapkan file gambar logo tersebut terlebih dahulu.

File gambar yang paling umum untuk dijadikan watermark berekstensikan .JPG, .PNG, .JPEG, dan lain-lain. Jadi kalian harus siapkan file gambar logo dengan salah satu ekstensi tersebut.

Jika sudah siap, kalian bisa langsung mulai langkah untuk membuat watermark di Microsoft Word dengan gambar logo kalian.

Langkah-langkah di bawah ini Kangje buat menggunakan Microsoft Office 2016. Jadi untuk kalian yang menggunakan versi lain dari Microsoft Office kami harap bisa menyesuaikan ya.

  1. Pertama kalian buka terlebih dahulu Microsoft Word dan buatlah sebuah blank document.
  2. Jika ingin mengisi dokumen tersebut dengan naskah atau apa bisa saja. Atau membiarkan halaman tetap kosong juga tidak masalah. Kedua keadaan tersebut sama-sama dapat melalukan penambahan watermark di dokumen tersebut.
  3. Selanjutnya klik menu Design, lanjutkan dengan memilih ribbon Watermark, klik pada anak panah drop down yang ada di ribbon tersebut.
  4. Selanjutnya pilih menu Custom Watermark, sehingga muncul sebuah pop up menu bernama Printed Watermark.
  5. Pada halaman pop up Printed Watermark, klik opsi Picture watermark, lanjutkan dengan klik tombol Select Picture yang ada dibawahnya.
  6. Akan muncul pop up baru yang sedang muter mencari online. Klik saja tombol yang ada di bawah kanan berlabel Work offline, lanjutkan dengan klik menu Form a file pada pop up Insert Pictures.
  7. Akan muncul pop up drive dan silahkan cari gambar logo yang ingin kalian jadikan sebagai watermark di Word. Jika sudah ketemu, klik file gambar tersebut dan klik tombol Insert.
  8. Kalian akan kembali ke pop up Printed Watermark dan di samping tombol Select Picture sudah ada alamat gambar yang kalian pilih tadi.
  9. Selanjutnya kalian bisa atur besar kecilnya gambar nanti ketika jadi watermark. Di bagian Scale kalian klik anak panah drop down untuk memilih size yang kalian inginkan.
  10. Centang checkbox Washout jika ingin membuat gambar watermark tampak tipis. Atau hilangkan centang checkbox Washout jika ingin membuat gambar watermark tetap real color dari gambar.
  11. Jika sudah diatur semua akhiri dengan klik tombol Apply dan Close.
  12. Jika ingin mengubah/edit watermark yang telah dibuat tersebut, silahkan kembali ke langkah 3 dan ikuti sampai akhir lagi.

Sampai di sini, cara membuat watermark di Microsoft Word dengan gambar logo sudah selesai. Sudah berhasil apa belum? Semoga sudah ya, tapi jika belum silahkan ulangi langkah di atas dengan teliti atau jika mengalami kesulitan bisa tuliskan di kolom komentar.

Selanjutkan adalah cara menambahkan watermark di Word dalam model teks.

Watermark Teks Di Microsoft Word

Langkahnya tidak jauh berbeda, hanya saja pada opsi model watermark yang harus dipilih adalah opsi Text watermark.

Langkah 1 sampai dengan 4 sama dengan langkah di atas. Jadi di sini akan kami teruskan langsung ke langkah 5.

  • Pada halaman pop up Printed Watermark, klik opsi Text watermark, lanjutkan dengan mengganti tulisan di bagian text box Text. Tulisan inilah yang akan menjadi tulisan watermark.
  • Kalian bisa tentukan jenis hurufnya di bagian Font, ukuran di bagian Size, warna di bagian Color, dan posisi di bagian Layout.
  • Centang text box Semitransparent jika ingin menampilkan tulisan watermark menjadi samar-samar. Atau hilangkan centangnya jika ingin menampilkan tulisan watermark secara jelas.
  • Jika sudah diatur semua, silahkan klik tombol Apply dan Close untuk mengakhiri.

Sampai di sini langkah untuk membuat watermark teks di Microsoft Word sudah selesai dan lihatlah hasilnya.

Cara Menghilangkan Watermark Di Microsoft Word

Jika kalian ingin menghilangkan watermark yang telah dibuat ikuti langkah di bawah ini:
  1. Klik menu Design dan pilih ribbon Watermark.
  2. Klik anak panah drop down yang ada di ribbon Watermark dan pilih menu Remove Watermark, seketika watermark yang ada tersebut sudah hilang.

Mudah bukan cara menghilangkan watermark di Word ini?

Sebenarnya memang mudah sih untuk membuat watermark di Word maupun menghilangkannya. Hal ini berbeda jika kalian ingin membuat watermark di Excel. Agak sulit dan caranya agak panjang dan lagi perlu beberapa aplikasi lain yang mendukungnya.

Untuk membuat watermark di Excel kalian bisa simak di video Youtube yang telah kami siapkan ini.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Watermark Di Microsoft Word Dengan Logo Atau Teks"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,