Tuesday, September 24, 2013

Negara-Negara Dengan Kekuatan Tentara Cyber yang Kuat di Dunia

Dunia internet memang sudah menjadi bagian penting dalam keberadaan suatu negara. Internet berperan penting dalam penyelenggaraan suatu negara, seprti pelaksanaan pemerintahan, bisnis ekonomi, politik, keamanan, dan lain-lain. Internet mempermudah dalam koordinasi penyelenggaraan kepentingan negara. Tidak heran jika banyak sekali negara yang memanfaatkan media internet untuk mengorek informasi tentang negara lainnya. Aktivitas tersebut biasa disebut dengan cyber crime. Akhir-akhir ini banyak sekali terjadi serang-serangan cyber crime yang menimpan beberapa negara. Hal tersebut menuntut suatu negara untuk meningkatkan segi keamanan dunia maya/internet.

Di bawah ini adalah informasi tentang beberapa negara yang memiliki kekuatan cyber yang hebat dan handal:

China
China disebut-sebut sebagai negara yang memiliki kekuatan tentara cyber yang hebat. Mereka diduga terlibat dalam berbagai serangan cyber skala besat ke negara-negara lain, sperti Amerika Serikat. Tentara cuber China kabarnya dimobilisasi oleh People's Liberation Army. China pernah dituding menyerang sistem komputer AS secara masif di tahun 2002 dan berhasil mengambil data sebesar 20 terabyte dari jaringan komputer AS. Operasi tersebut diberi kode nama Titan Rain.
Negara-Negara Dengan Kekuatan Tentara Cyber yang Kuat di Dunia

Amerika Serikat
Negara kedua yang memiliki kekuatan tentara cyber hebat di dunia adalah Amerika Serikat. Langkah untuk meningkatkan kekuatan cyber, Amerika Serikat membentuk United States Cyber Command pada tahun 2009. Unit tersebut bertanggung jawab untuk melindungi AS dari serang cyber yang berdatangan dan mempertahankan infrastruktur krusial. Lembaga lainnya yang ikut andil dalam pengamanan dunia cyber Amerika Serikat adalah National Security Agency.

Inggris
Inggris tenyata juga tidak kalah serius dalam menanggapi keadaan cyber crime. Inggris mendirikan lembaga khusus yang bernama Research Institute in the Science of Cyber Security (RISCC). Organisasi tersebut menghimpun pakar ilmu sosial, matematika, dan komputer dari berbagai universitas terkemuka di Inggris. Tugas utama adalah menghadang ancaman cyber yang ditujukan ke Inggris. Selain itu, pelatihan Cyber Security Challange akan membantu untuk mengadakan program pelatihan cyber security.

India
India merupakan negara yang tak kalah sering mengalami ancaman cyber. Untuk mengatasi masalah tersebut, mereka melatih 500 ribu pakar komputer sebagai tentara cyber. Tujuan utama dari tentara cyber bentukan India ini adalah melindungi sistem kritikal di pemerintah maupun sektor swasta seperti perbankan dan telekomunikasi.

Rusia
Negara terakhir yang memiliki tentara cyber kuat adalah Rusia. Lembaga khusus pertahan cyber milik RUsia adalah Russian Cyber Forces. Setidaknya ada 7.300 pakar internet dan komputer dihimpun oleh Rusia untuk kekuatan tentara cyber-nya.

Itulah beberapa kekuatan negara dalam mempertahankan dunia cyber mereka. Perang dunia cyber akan semakin hebat dan meningkat seiring dengan perkembangan komputer dan internet.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)
6. JANGAN MENCANTUMKAN NOMOR TELEPON ATAU SEJENISNYA DI DALAM KOMENTAR. UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN DARI PIHAK LAIN.
7. MOHON UNTUK TIDAK KOMENTAR YANG MENYESATKAN!

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon